Peretas Ponsel Kapolda Jawa Tengah Beroperasi Sejak Awal 2023, Polisi: Omset Rp 200 Juta Sebulan

Tak Berkategori77 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Jaringan pelaku peretas telepon seluler milik Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi beroperasi sejak awal 2023. Menurut keterangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah mereka mampu meraup omset Rp 200 juta dalam sebulan.

Polisi telah menangkap empat orang di tiga tempat berbeda dalam kasus ini. Mereka adalah RJ dan IW ditangkap di Ogan Komiring Ilir Sumatera Selatan, HAR di Jember Jawa Timur, serta RD di Garut, Jawa Barat.

“Pelaku mendapatkan pengetahuan secara otodidak dan belajar dari orang lain,” sebut Dirkrimsus Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Dwi Subagio pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Dia menyebut, tersangka mendapatkan file android package kit atau APK berisi malware dari grup di media sosial. “Mengirim secara acak kepada orang lain dengan harapan target menginstal APK tersebut,” ujar dia.

Iklan

Setelah target menginstal APK, para tersangka kemudian meretas akun Whatsapp milik korban. Mereka kemudian memanfaatkan akun Whatsapp yang telah diambil alih untuk penipuan.

Para tersangka tersebut kini terancam dijerat undang-undang informasi dan transaksi elektronik, transfer dana, serta perlindungan data pribadi. 

Pilihan Editor: Ponsel Kapolda Jawa Tengah Diretas, Tersangka Ditangkap di Sumatera Selatan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *